Gelar Rapat Kordinasi"Ini Pesan Kadis Bumdes

KISARAN -  Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) se-Kabupaten Asahan melaksanakan Rapat Koordinasi yang disponsori PT Altra Multi Sukses bekerjasama dengan Asosiasi Bumdes, Pendamping Desa Profesional, serta Dinas PMD Kabupaten Asahan, di Hotel Bintang Kisaran, Kamis (17/1/2019) sekira pukul 09.00 wib.

Kegiatan Rapat Koordinasi Bumdes dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMD), Samsuddin SH MM yang dihadiri perwakilan PT Altra Multi Sukses, Willys Wijaya serta Asosiasi Bumdes se-Asahan.

Turut hadir, Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat (UEM), peserta Bumdes, TA, PD,PDTI, PLD, Ketua, Sekretaris, Bendahara Bumdes dan tenaga pendamping profesional se-Kabupaten Asahan sejumlah lebih kurang 400 peserta.

Kepala Dinas PMD Samsuddin dalam sambutannya mengatakan, Laporan Pertanggungjawaban dan Rapat Akhir Tahun (RA) Bumdes itu sangat perlu.

“Bumdes harus dikembangkan, bila perlu kerjasama dengan perusahaan yang mempunyai produk unggulan seperti Leu Mart. Di sini nanti kami akan lakukan penilaian dan Bumdes terbaik akan dibawà studi banding ke luar Sumatera,” kata Samsuddin.

Selain itu, lanjut Samsuddin, pihaknya secara maraton akan menindak lanjuti hasil kegiatan Rakor ke desa-desa guna memperbaiki Lembaga Ekonomi Usaha di Desa dan menindaklanjuti PADes yang bekerjasama dengan Kepala Desa.

Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat (UEM) Dinas PMD Muad menambahkan, Rakor serta sosialisasi ini sebagai bentuk upaya untuk mendorong masyarakat perusahaan dan Pemerintah Kabupaten untuk bersinergi dengan pemerintah desa di Asahan.

“Dengan adanya Bumdes menjadi motto dalam upaya peningkatan pendapatan desa, peran serta kepala desa sangat penting untuk menjaganya, karena kepala desa menjadi badan pengawas,” ungkapnya.(yudi)