Djohan Alamsyah Jabat Ketua Bawaslu Sumut

MEDAN, POC - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut kini diemban oleh Djohan Alamsyah. Dalam rapat pleno yang digelar komisioner Bawaslu Sumut, Djohan mendapat 4 suara, sedangkan Syafrida Rasahan yang sebelumnya menjabat Ketua Bawaslu Sumut hanya mendapat 3 suara.

Seorang Komisioner Bawaslu Sumut Suhadi Sukendar Situmorang ketika dikonfirmasi terkait pergantian Ketua Bawaslu tersebut membenarkannya. ”Benar ada pleno terkait persoalan itu” kata Suhadi pada wartawan di Medan, Kamis (31/1/2019).

Diduga pergantian ini lantaran terjadi ‘keretakan’ internal melanda hubungan komisioner Bawaslu Sumut. ‘Keretakan’ itu terlihat juga ketika tidak ikutnya Syafrida ketika beraudensi dengan Kejatisu Senin (29/1/2019) lalu.

Syafrida dan Agussalam tidak ikut dalam audensi tersebut yang ada hanya lima komisioner saja yakni Djohan Alamsyah, Marwan, Herdi Munthe, Hendrik Sitinjak dan Suhadi Sukendar Situmorang.

Syafrida tercatat sebagai Ketua Bawaslu Sumut periode sebelumnya. Dimana ketika itu, Bawaslu Sumut hanya dijabat oleh tiga komisioner, yakni Aulia Andri dan Herdi Munthe.(maria)