Begal Kembali Beraksi, Komisi A Minta Tingkatkan Patroli dan Siskamling

MEDAN, POC- Begal kembali muncul di kota Medan, paling baru pembegalan di Jalan Sutrisno yang tersebar melalui video enam orang berkendara memepet dan membegal sepedamotor.

Ketua Komisi A DPRD Medan, Sabar Syamsuria Sitepu meminta agar aparatur pemerintahan memberdayakan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling). Dengan adanya siskamling, kriminalitas dapat berkurang.

"Selain siskamling, kita juga minta pihak kepolisian, khususnya jajaran Polrestabes Kota Medan untuk melakukan patroli rutin pada malam hari di jam-jam rawan,''kata Sabar, Kamis (31/1/2019).

Dia juga mengingatkan, komisi A membidangi pemerintahan, termasuk berkaitan dengan kepolisian. Selayaknya legislatif yang membidangi ini, memberi masukan pada pemerintah dan kepolisian untuk ketentraman dan kenyamanan masyarakat.

"Kita meminta agar aparat kepolisian dan pemerintahan setempat, lebih meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan harus lebih ditingkatkan kembali. Sehingga, tertutup peluang untuk setiap pelaku kejahatan terutama begal. Jadi, di mana saja jalanan yang dianggap rawan harus diaktifkan rondanya (jaga malam). Jika dibutuhkan, tambahkan saja pos-pos pengamanan setiap malam khususnya pada jam-jam rawan personel melakukan patroli secara rutin,"ujar politisi Partai Golkar ini.

Himbauan senada juga disampaikan Zulkarnaen Yusuf Nasution, anggota Komisi A. Dia mengimbau masyarakat, khususnya bagi pengendara sepeda motor jangan takut melaporkan tindak kejahatan tersebut.

"Cepat laporkan jika ada tindakan-tindakan yang mencurigakan. Masyarakat supaya aktif sehingga sejak dini pegal atau kejahatan sudah diketahui. Menjadi masukan kepada personel Kepolisian- untuk merespon laporan masyarakat dan bertindak,''himbau politisi PAN ini.

Menurutnya, Kota Medan yang sudah kondusif, jangan sampai terbuka untuk tindak kejahatan beraksi tengah malam. "Apalagi, menjelang Pemilu, jangan dikotori dengan berbagai bentuk kejahatan yang merusak kondusifitas Kota Medan,''tukasnya. (maria)