Wali Kota: Pemko Medan Segera Percepat Proses Pengurusan Kartu Identitas Diri -->

Advertisement

Advertisement

Wali Kota: Pemko Medan Segera Percepat Proses Pengurusan Kartu Identitas Diri

Selasa, 04 Desember 2018

MEDAN, POC - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  menegaskan,  Pemko Medan melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait akan bekerja keras untuk mengupayakan  agar warga Kota Medan yang belum memiliki kartu identitas akan mendapatkannya dalam waktu secepatnya.

Penegasan ini disampaikan Wali Kota ketika menghadiri acara Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) di Gedung Serba Guna Pemprov Sumut Jalan Williem Iskandar, Selasa (4/12/2018). Apalagi ungkap Wali Kota, Pemprov Sumut melucurkan program GISA. Dengan program ini, masyarakat akan mudahkan dalam pengurusan kartu identitas. Selain prosesnya muda, proses penyelesainnya juga lebih cepat.

"Kita akan terus kejar penyelesaian mengenai administrasi terkait pengurusan kartu identitas setiap warga kota Medan melalui OPD terkait yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Diupayakan dalam waktu cepat semua akan selesai. Apalagi kita mendapat dukungan penuh dari Pemprov  Sumut dan Dirjen Kementrian Kependudukan dan Pencatatan Sipil ,” kata Wali Kota.

Sebelumnya Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Zudan Arif mengatakan, pihaknya akan terus mengawasi dan melayani semua proses pengurusan kartu identitas baik itu e-KTP maupun KK. "Kami hadir kemari (Sumut) untuk memastikan semua proses pengurusan identitas diri melalui program GISA berjalan lancar. Untuk ketersediaan blanko, kami pastikan semua akan mampu mencukupi kebutuhan. Jika dalam waktu 3 hari ini tidak cukup, akan dilanjutkan hingga semua benar-benar selesai dan terlayani,” jelas Zudan.

Gubsu Edy Rahmayadi menyampaikan, program GISA akan mempermudah semua urusan masyarakat Sumut. Melalui program GISA, mantan Pangkostrad itu berharap agar seluruh masyarakat Sumut  yang sampai saat ini belum mendapatkan kartu identitas diri akan mendapatkannya dengan proses yang cepat.

Program GISA yang digelar Pemprov Sumut berlangsung selama 3 hari mulai 3-6 Desember. Disdukcapil Sumut menyediakan 20 ribu blanko kartu indentitas  (e-KTP) untuk dibagikan kepada masyarakat secara gratis.

Peluncuran program GISA ditandai dengan menekan tombol yang dilakukan Gubsu, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Wali Kota Medan serta Sekda Prov Sumut Sabrina. (mar/rel)