Wali Kota Launching Aplikasi SIPOLAN -->

Advertisement

Advertisement

Wali Kota Launching Aplikasi SIPOLAN

Rabu, 12 Desember 2018

MEDAN, POC - Aplikasi SIPOLAN (Sistem Informasi Pola Pangan Harapan) resmi dilaunching Wali Kota Medan  Drs  H T Dzulmi Eldin S  MSi MH diwakili Sekda Kota Medan  Ir Wiriya Alrahman MM  di Kantor Wali Kota Medan, Rabu (12/12/2018). Aplikasi yang berisikan informasi mengenai pola pangan dan jumlah asupan gizi yang dikonsumsi ini, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal pangan dan gizi masyarakat.

Dikatakan Wali Kota, aplikasi ini nantinya dapat melihat sejauhmana masyarakat menjaga pola konsumsinya, sehingga dapat mengetahui jumlah asupan gizi yang dikonsumsi setiap hari. "Diharapkan dengan aplikasi ini, masyarakat dapat mengetahui pola pangan yang harus dikonsumsi dan jumlah kebutuhan gizi setiap harinya,” kata Wali Kota dalam sambutan tertulisnya.

Selain itu, Sekda juga menyarankan agar aplikasi SIPOLAN ini dapat dimasukan kedalam website Pemko Medan sehingga masyarakat mengetahui mengenai aplikasi tersebut. Peluncuran aplikasi ini dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan yang bertemakan, “ Medan Rumah Kita, Kaya Pangan, Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Kota Medan”.

"Forum ini sangat strategis untuk pemantapan dan memperkuat sinergi kebijakan serta program ketahanan pangan yang dilaksanakan secara lintas sektoral dan multidimensi,” paparnya.

Sebelumnya, Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan, Muslim Harahap Ssos MSP menjelaskan, aplikasi SIPOLAN ini merupakan aplikasi yang dapat digunakan masyarakat untuk mengecek kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh setiap harinya. Sebab kebutuhan gizi setiap orang tidaklah sama baik itu yang muda ataupun yang tua.

"Jadi dengan aplikasi ini masyarakat bisa mengetahui apa saja yang harus dikonsumsi setiap harinya sehingga masyarakat bisa mengontrol pola konsumsinya guna menjaga kesehatan tubuh,” jelas Muslim.

Rapat dewan ketahanan pangan ini turut dihadiri oleh  Romi Sembiring, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Muslim Harahap, S.Sos.,MSP dan perwakilan dari OPD terkait. (mar/rel)