Walikota : Hidup Sehat Melalui CFD -->

Advertisement

Advertisement

Walikota : Hidup Sehat Melalui CFD

Minggu, 25 November 2018

MEDAN, POC - Seribuan warga  dengan penuh antusias  mengikuti Car Free Day (CFD) di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (25/11/2018) pagi.   Umumnya mereka datang dengan membawa anggota keluarganya masing-masing. Selain berolahraga, tidak sedikit warga juga menggunakan momen CFD untuk  mengajak anak-anaknya bermain. Sebab, Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan menyediakan fasilitas bermain bagi anak-anak di lapangan bersejarah dan kebangaan warga Kota Medan tersebut.
CFD merupakan kegiatan rutin Pemko Medan setiap Minggu pagi. Mulai pukul 06.00 sampai 10.00 WIB, seputaran Lapangan Merdeka ditutup sehingga tak satu pun kenderaan bermotor yang bisa melintas. Hal itu sengaja dilakukan untuk memberikan ruang kepada masyarakat untuk berolahraga. Dengan demikian tidak hanya Lapangan Merdeka, jalan seputaran Lapangan Merdeka juga bisa digunakan warga untuk berolahraga.
Selain mengikuti senam jantung sehat hasil kerjasama dengan Yayasan  jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumut, warga yang mengikuti CFD juga dapat mengikuti senam aerobik, jogging dengan mengelilingi Lapangan Merdeka, sepeda santai, sepatu roda, jalan santai maupun mempergunakan fasilitas peralatan olahraga di pinggiran lapangan. Itu sebabnya Lapangan Merdeka setiap Minggu pagi ramai dikunjungi warga.
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH pun senantiasa mengajak seluruh warga Kota Medan untuk mengikuti CFD setiap Minggu pagi di Lapangan Merdeka. Selain mengajak masyarakat gemar berolahraga, Wali Kota berharap melalui CFT juga dapat mengedukasi masyarakat agar mengurangi polusi  udara yang disebabkan asap kenderaan bermotor.
“Melalui CFD diharapkan masyarakat gemar berolahraga, lebih dari itu kita berharap olahraga dapat menjadi budaya sehingga masyarakat akan lebih sehat. Di samping itu melalui CFD, kita juga berharap agar masyarakat mengurangi ketergantungan dengan kenderaan bermotor guna mengurangi polusi udara. Mari kita hidup sehat melalui CFD,” kata Wali Kota.
Guna menarik perhatian warga untuk mengikuti CFD, Wali Kota juga mengajak kepada semua stakeholder  untuk membuat kegiatan olahraga setiap Minggu pagi di Lapangan Merdeka. Dengan keikutsertaan para stakeholder tersebut, pelaksanaan CFD tidak monoton sehingga mengundang masyarakat yang datang semakin banyak lagi. (mar/rel)