Wali Kota Ajak Semua Kembangkan Koperasi Guna Penguatan Ekonomi Kerakyatan

MEDAN, POC - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengharapkan seluruh pelaku koperasi dapat meningkatkan semangat dan inovasinya, sehingga ke depan koperasi benar-benar mampu tampil sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi nasional. Di samping itu juga dapat mensejahterakan anggotanya serta melindungi produk-produk yang dihasilkan, khususnya produk-produk unggulan di Kota Medan.
Demikian harapan yang disampaikan Wali Kota ketika menghadiri acara Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-71 tahun 2018 di Lapangan Sepakbola Rengas Pulau Marelan, Kamis (22/11/2018) petang. Di acara itu Wali Kota juga membuka Bazar Pameran Produk  UKM 2018 yang diikuti puluhan stand.
Kemudian Wali Kota dalam Peringatan Harkopnas yang mengusung tema, “Penguatan Koperasi Mendukung Ekonomi Nasional”,  menginginkan agar  koperasi mampu bersinergi dengan korporasi   dalam menghadapi persaingan ekonomi, kualitas dan kontinuitas produk harus tetap terjaga agar koperasi semakin eksis dan bersaing.
“Semua ini kita lakukan guna meningkatkan semangat para pelaku UMKM dalam menggerakkan pertumbuhan koperasi di Kota Medan. Dengan demikian perkembangan koperasi dapat terus ditingkatkan untuk penguatan ekonomi kerakyatan,” kata Wali Kota.
Usai memberikan sambutan, Wali Kota kemudian membuka Bazar Pameran Produk  UKM 2018 yang ditandai dengan pemukulan gong. Setelah itu Wali Kota didampingi Kadis Koperasi UKM Kota Medan Emilia Lubis memberikan penmghargaan  kepada tokoh koperasi  yang mempunyai kepedulian dan berjasa dalam membangun maupun memajukan koperasi, terutama dalam lingkungan institusi.
Sementara itu Kadis Koperasi UKM Kota Medan Emilia Lubis mengatakan, koperasi akan semakin berdaya saing dan maju apabila mampu menerapkan prinsip-prinsip koperasi secara konsisten serta mengikuti kaidah umum dalam dunia bisnis. Selain itu juga diperlukan sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah dan stakeholder dalam pemberdaan koperasi.
Emilia kemudian menjelaskan, Peringatan Harkopnas dirangkaikan dengan Bazar UKM yang diikuti 150 pelaku UKM dengan menampilkan aneka produk dalam bentuk makanan ringan, handy craft, pemaran Batik Medan dan Songket Deli yang diselenggarakan Dekranasda Kota Medan pimpinan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH.  “Acara ini kita jadikan momentum untuk lauching pemasaran online (e-commerce) guna mendukung kemajuan koperasi di kota Medan,” jelas Emilia. (mar/rel)