UMSU - LKBN Antara Jalin Kerjasama PMMB

UMSU - LKBN Antara Jalin Kerjasama PMMB
MEDAN, POC - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara bersama Perum LKBN ANTARA menjalin  kerja sama dalam menjalankan Program Magang Bersertifikat bagi mahasiswa selama enam bulan sebagai salah satu upaya menciptakan sumber daya manusia berkualitas dan siap pakai.

Kepala Perum LKBN Antara Biro Sumatera Utara, Riza Mulyadi mengatakan, kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut dari beberapa pertemuan sebelumnya antara kedua belah pihak terkait Program Mahasiwa Magang Bersertifikat (PMMB) tersebut.

“Tindak lanjut dari pertemuan tersebut dalam waktu dekat ini akan dilakukan penandatanganan MoU antara LKBN ANTARA dengan UMSU. Sesuai arahan dari direksi kami siap menampung 10 sampai 15 mahasiswa yang akan magang Perum LKBN Antara Biro Sumatera Utara, bukan hanya di redaksi tapi juga bisa di bagian administrasi dan keuangan,” katanya di Medan, kemarin (8/11/2018).

Program Mahasiswa Magang Bersertifikat merupakan satu dari lima program unggulan Forum Human Capital Indonesia (FHCI). FHCI sendiri adalah wadah bagi para pengelola dan praktisi manajemen human capital di lingkungan BUMN untuk saling berinteraksi, melakukan pembelajaran dan sinergi untuk meningkatkan kompetensi anak bangsa, dimana ke depannya diharapkan tercipta “link and match” antara kurikulum pendidikan di PTN/PTS dengan kebutuhan kompetensi di BUMN.

Riza juga menyampaikan, untuk saat ini UMSU merupakan satu-satunya perguruan tinggi di luar Pulau Jawa yang mendapat kesempatan melaksanakan Program Mahasiswa Magang Bersertifikat bersama Universitas Indonesia dan Institut Pertanian Bogor.

Kerja sama yang terjalin di antara kedua belah pihak diharapkan tidak hanya sebatas pada pelaksanaan program magang, namun ke depannya bisa lebih dikembangkan lebih luas baik dalam bentuk pelatihan jurnalistik, seminar, maupun kegiatan akademik lainnya.

“Kami sangat terbuka jika kerja sama kita terus dikembangkan. UMSU adalah salah satu universitas swasta terbesar di Sumatera Utara, tentunya itu juga menjadi kebanggaan bagi kami bisa bekerja sama terutama dalam hal menciptakan SDM unggul, cerdas, dan terpercaya sesuai motto perguruan tinggi ini,” kata Riza Mulyadi.

Sementara Rektor UMSU Dr Agussani MAP mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kerja sama tersebut dan MoU yang akan dilakukan nantinya akan dirangkai dengan sejumlah kegiatan seperti seminar maupun dalam bentuk kuliah umum.

Kerja sama ini juga akan menjadi nilai tambah bagi perguruan tinggi tersebut khususnya bagi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik yang memang selama ini sudah banyak menghasilkan alumni-alumni yang bukan hanya bekerja sebagai jurnalis, namun juga menempati sejumlah jabatan penting di pemerintahan maupun swasta.

Agussani juga menegaskan kerja sama antara UMSU dengan LKBN ANTARA bukanlah yang pertama, terutama dalam hal pemberitaan dan tentunya ke depan dapat terus ditingkatkan.

“Kita sudah siapkan mahasiswa yang akan magang di LKBN ANTARA. Semoga selepas magang, mahasiswa kami itu semakin piawai dan percaya diri dalam memasuki dunia kerja,” katanya. (mar/rel)