Tingkatkan Kinerja, Humas Pemko Medan Belajar Ke Semarang

MEDAN, POC - Dalam rangka meningkatkan kinerja  di bidang kehumasan sekaligus membangun sinergitas yang lebih baik lagi dengan wartawan guna terwujudnya  citra pemerintahan yang baik dan bertanggungjwab di masyarakat, Bagian Humas Setdako Medan bersama  rombongan wartawan menggelar studi komparatif ke Pemko Semarang, Rabu (28/11/2018).
Rombongan dipimpin Kabag Humas Setdako Medan Ridho Nasution SSTP diwakili Kasubag Humas Hendra Tarigan diterima  Kedatagan mereka diterima Wali Kota Semarang diwakili Kabag Rumah Tangga Setda Kota Semarang Sugeng Pranoto didamapingi Kasubbag Pemberiataan Humas Protokol Pemko Semarang Siswo Purnomo, Kasubbag Peliputan Dian Aryanto serta Ketua Forum Wartawan Kota Semarang Hery.
Dikatakan Hendra, kunjungan  studi banding  yang dilakukan  itu berkaitan dengan tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) bidang kehumasan, khususnya dalam menjalin hubungan koordinatif dan konsultatif dengan organisasi perangkat daerah (OPD), lembaga kehumasan serta media massa yang selama ini dilakukan Pemko Semarang.
“Artinya, studi banding yang dilakukan ini berkaitan dalam upaya menciptakan dan meningkatkan citra pemerinthan yag bersih dan bertanggungjawab di masyarakat. Untuk itulah kita berharap dalam studi banding ini, Pemko Semarang dapat memberikan berbagai informsi berkaitan dengan hal itu,” kata Hendra.
Di samping itu tambah Hendra yang hadir bersama Kasubbag Pengendalian Evaluasi  Kebijakan dan Pelayanan Administratif Rizka  Firdahlia beserta sehumlah ASN Bagian Humas Setdako Medan,  studi banding  yang dilakukan juga untuk mendapatkan informasi  terkait kontribusi wartawan  di Pemko Semarang terhadap tata kerja Bagian Humas Pemko Semarang.
“Dalam studi banding ini kita ingin mendapatkan masukan dari Pemko Semarang terkait manajemen pengelolaan wadah wartawan yang bertugas di lingkungan Pemko Semarang, termasuk tentang penanganan kerjasama dengan media cetak, elektronik serta online. Semua masukan ini akan kita jadikan bahan perbandingan dalam upaya peningkatan kinerja Bagian Humas Setdako Medan ke depannya,” ungkapnya.
Sementara itu Kabag Rumah Tangga Setdako Semarang Semarang  Sugeng Pranoto mengucapkan terima kasih dan menyambut baik dipilihnya Pemko Semarang menjadi tujuan studi banding ASN Bagian Humas Setdako Medan bersama rombongan wartawan yang bertugas di lingkungan Pemko Medan.
Selanjutnya, Sugeng dalam pertemuan yang berlangsung dengan penuh rasa kekeluargaan itu lebih banyak memaparkan tentang kondisi Kota Semarang, baik luas wilayah, jumlah penduduk, potensi wisata yang kini menjadi andalan karena dalam lima tahun belakangan ini jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara mencapai 11juta dalam setahun serta keberadaan para pelaku UMKM yang ada di Kota Semarang.
“Pemko Semarang menyambut baik dengan kegiatan kunjungan kerja yang dilakukan BAgian Humas Setdako Medan dan rombongan wartawan yang bertugas di lingkungan Pemko Medan. Melalui kunjungan kerja ini, tentunya dapat kita jadikan sebagai sarana ajang tukar menukar informasi tentang potensi yang ada di Kota Semarang,” ungkap Sugeng.
Setelah itu Kasubbag Pemberitaan Humas Protokol Pemko Semarang Siswo Purnomo menjelaskan secara rinci tentang kinerja Bagian Humas dan Protokol Pemko Semarang, mulai tupoksi hingga menjadi corong bagi pimpinan daerah. Kemudian dilanjutkan sistem kerja peliputan, kerjasama degan media baik cetak, televisi maupun online serta upaya yang dilakukan dengan Forum Wartawan Kota Semarang melakukan verifikasi secara ketat wartawa yang bertugas meliput di lingkungan Pemko Semarang. (mar/rel)