Pemprov Sumut Dukung Usaha Pengolahan Sampah

MEDAN, POC – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) mendukung usaha pengolahan sampah yang dilakukan oleh masyarakat secara swadaya. Apalagi, selain dapat mengatasi pencemaran lingkungan, juga bisa menjadi penghasilan tambahan.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah ketika menerima audiensi pelaku usaha pengolahan sampah Rena di Ruang Rapat Lt IX Kantor Gubernur Sumut, Jumat (16/11/2018). Turut hadir mendampingi Wagub, Asisten Administrasi Umum dan Asset Setdaprovsu Ibnu S Hutomo.

“Pada prinsipnya, Pemprov Sumut mendukung usaha pengelolaan sampah yang dilakukan masyarakat. Karena, selain lingkungan menjadi bersih dan sehat, juga dapat menjadi penghasilan tambahan,” kata Wagub Musa Rajekshah.

Karena itu, Wagub meminta Dinas Lingkunan Hidup dan Dinas Koperasi dan UKM Pemprov Sumut untuk menjalin kerja sama dengan kelompok-kelompok usaha masyarakat yang bergerak di bidang pengolahan sampah. Juga melakukan pembinaan dan pendampingan, sehingga kelompok-kelompok usaha tersebut semakin produktif melakukan pengolahan sampah.

Upaya pengolahan sampah tersebut, menurut Musa Rajekshah, juga perlu disosialisasikan lebih luas ke masyarakat. Agar semakin banyak masyarakat yang terlibat, semakin banyak sampah yang dapat diolah, lingkungan semakin bersih dan sehat, serta semakin banyak pula masyarakat yang akan terbantu perekonomiannya.

Sebelumnya, salah satu pengolah sampah di Medan Rena, menyampaikan selama ini pihaknya sudah berhasil melakukan pengolahan sampah lingkungan menjadi produk bernilai jual, salah satunya arang. Namun masih menggunakan peralatan manual, yaitu ditumbuk dan diayak, kemudian disimpan serta dikumpulkan sebelum dijual.

“Karena masih menggunakan alat manual, jadi kapasitas pengolahannya masih terbatas. Juga sulit untuk memenuhi permintaan pasar,” ujar Rena, yang memiliki unit pengolahan sampah di Komplek ITM Jalan Bajak II Marindal.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumut Parlindungan Pane menyampaikan, bahwa pada 29 Nopember - 2 Desember 2018 akan diadakan Festival UKM Kuliner dan Olahan Kopi,  yang dimeriahkan Harley Devidson di Lapangan Benteng Medan. Para pelaku pengolahan sampah diharapkan dapat bergabung dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.(mar/rel)