Menteri Hukum Dan HAM Kunjungi Rutan Klas II-B Labuhan Deli -->

Advertisement

Advertisement

Menteri Hukum Dan HAM Kunjungi Rutan Klas II-B Labuhan Deli

Senin, 19 November 2018


MEDAN LABUHAN, POC – Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia (Menkumham RI) Yasona H Laoly SH Msc Phd, didampingi Kakanwil kemenkumham Sumut Priyadi BC Ip MSi dan rombongan mengunjungi Rutan Klas II-B Labuhan Deli, Sabtu (17/11/2018).

Kehadiran Yasona  langsung disambut Karutan Labuhan Deli Nimrot Sihotang Amd IP SH MH, kemudian disambut barisan penghormatan oleh petugas rutan yang dipimpin Kepala KPR Rutan Labuhan Deli Erwin Siregar.

Dalam kunjungannya, Yasona Laoly menyempatkan waktunya melakukan pengecekan beberapa pelayanan dan fasilitas didalam rutan bahkan juga sempat melakukan diialog dengan pengunjung yang datang menjenguk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) serta berdialog kepada WBP di dalam  blok hunian.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Yasona Laoly menyebutkan kedatangannya ke Rutan Labuhan Deli untuk melihat suasana di dalam Rutan Labuhan Deli. “Dari amatan saya tadi di dalam, saya melihat di sini ada banyak perbaikan dan perubahan jika dibandingkan waktu kedatangan saya yang pertama dahulu, tiga tahun yang lalu saat bersama wartawan Mata Nazwa,” ucapnya.

Yasoana Laoly menambahkan, kedatangannya juga ingin melihat pelayanan Rutan terhadap para tamu. “Saya betul-betul mau melihat fasilitas, cara bertamu, kalau persolan over kapasitas (melebihi daya tampung), itu memang menjadi persoalan di semua lapas dan rutan. Kita tetap akan cari solusinya, seperti di rutan ini dari daya tampung 400 orang kini dihuni 1400 orang lebih,” jelasnya.

Yasoana juga mengatakan, over kapasitas Rutan didominasi oleh narapidana narkoba. “Sama seperti di daerah atau propinsi lain, di Sumatera Utara juga lapas dan rutan sudah sangat padat dihuni napi atau tahanan dan kebanyakan dihuni yang tersangkut kasus narkotika. Saat ini kita juga kembali berencana akan membahas undang-undang tentang narkotika. Saya mau tahu bagaimana penanganananya dan akan memberikan masukan bagaiamana penanganan kasus kasus narkotika sebab idealnya memang pemakai narkotika itu harus direhabilitasi,” ungkapnya.

Diakhir kunjungannya, Yasoana mengaku cukup puas dengan pelayanan yang diberikan Rutan Labuhan Deli terhadap para tamu dan narapidana. “Hasil kunjungan saya tadi kedalam rutan melihat bagaimana pelayanan disini, bagaimana fasilitas dan bagaimana kondisi napi di sini, saya senang melihatnya sebab semua berjalan dengan baik. Namun tidak cukup sampai disitu petugas rutan di sini juga harus lebih fokus dan waspada agar jangan sampai ada jaringan narkotika didalam,” tegasnya.

Pantauan wartawan Kapolsek Medan Labuhan Kompol Rosyid Hartanto SH SIK MH turut hadir dalam kunjungan Kemenkumham RI di Rutan Klas II Labuhan Deli. (Kinoi)