40 Wartawan DPRD Medan Studi Komparatif ke Kota Manado -->

Advertisement

Advertisement

40 Wartawan DPRD Medan Studi Komparatif ke Kota Manado

Kamis, 25 Oktober 2018

MEDAN, POC - Rombongan wartawan unit DPRD Medan melakukan studi komparatif ke DPRD Kota Manado, Kamis (25/10/2018). Kunjungan ini diterima Kabag Humas dan Protokol DPRD Manado, Treesye Lohonauman SH.

Kedatangan 40 wartawan yang dikordinatori Satriadi Tanjung ini dipimpin Kasubag Humas Protokol Sekretariat DPRD Medan, Joni Tanjung. Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang paripurna dewan, Penasehat Kordinator, Rifki Warisan menyampaikan tujuan kunjungan ke Kota Manado.

Teresye menyebut DPRD Kota Manado terdiri dari 40 anggota dewan yang berasal dari 9 partai politik. Sedangkan untuk pimpinan berjumlah 3 orang. Ketua DPRD Manado Noootje Hennyy Van Bone (Demokrat), wakil ketua I Richard Sualane (PDI), wakil II ketua Danny Sondakh (Golkar).

"Partai Demokrat paling banyak dengan 9 perwakilan, PDI-P 6, Golkar 5, Hanura 4, PAN 4, Nasdem 3, PKS 2, PKPI, PPP 1 yang tergabung dalam enam fraksi," ucapnya.

Bersama dengan alat kelengkapan lainnya komisi, badan anggaran dan badan msyawarah, badan kehormatan dan badan pembentukan peraturan daerah.

Lanjutnya lagi, sekretariat terbagi empat bagian. Yakni bagian umum, keuangan, persidangan, perundang-undangan dan fasilitasi dengan mempunyai sub bagiannya masing-masing.

Menanggapi pertanyaan wartawan dari Medan, bagaimana Sekretariat DPRD Manado membina hubungan dengan pers. 

Treesye mengatakan, pihak Sekretariat DPRD Kota Manado membina hubungan baik dengan KPM (Komunitas Pers Manado) yang terdiri dari 50 wartawan bebagai macam media, cetak, online, TV dan radio.

"Ada kegiatan sosialisasi dengan media massa dalam bentuk kerjasama dengan nominal Rp900 juta, jumlah tersebut dibagi habis berupa berita, advertorial dan liputan khusus," katanya mengapreasiasi kedatangan wartawan ke Manado untuk berbagi informasi dan edukasi.

"Apa yang baik dari Kota Medan nantinya akan kita terapkan di Kota Manado," ucapnya seraya mengaku pihaknya belum ada melaksanakan studi banding wartawan seperti yang dilakukan DPRD Medan.

Turut hadir dalam kesempatan itu Ketua PWI Provinsi Sulawesi Utara,Vouke Lontaan.

Diakhir acara rombongan wartawan sekretariat DPRD Medan bertukar cindramata dengan sekretariat DPRD Manado dan foto bersama. (maria)