Walikota Medan & Apeksi Beri Bantuan Korban Gempa dan Tsunami di Palu -->

Advertisement

Advertisement

Walikota Medan & Apeksi Beri Bantuan Korban Gempa dan Tsunami di Palu

Rabu, 10 Oktober 2018

MEDAN, POC - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama sejumlah Wali Kota yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) memberikan bantuan kepada warga Kota Palu yang menjadi  korban bencana alam gempa bumi dan tsunami, Rabu (10/10/2018). Bantuan itu diberikan sebagai bentuk kepedulian dan rasa prihatin atas musibah bencana tersebut. Selain menewaskan  sekitar 2.010 warga, gempa yang berkuatan 7,4 skala Ritcher itu pun menghancurkan Kota Palu, Sigi dan Donggala.
Pemberian bantuan dipimpin Ketua APEKSI Airin Rachmy Diany yang merupakan Wali Kota Tanggerang Selatan. Selain memberikan bantuan,  kedatangan rombongan pengurus APEKSI juga untuk memberikan dukungan kepada masyarakat agar kuat dan tabah menghadapi bencana tersebut. Dengan dukungan yang diberikan, masyarakat diharapkan cepat bangkit dan kembali hidup normal seperti biasa.
Kedatangan Wali Kota bersama rombongan pengurus APEKSi diterima langsung Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo. Di dampingi vocalis band Ungu tersebut, mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu  bersama Airin beserta  rombongan selanjutnya meninjau sejumlah titik  yang menjadi lokasi pengungsian untuk  menyalurkan bantuan.
Kemudian Wali Kota Medan, termasuk Airin dan Wali Kota lainnya masing-masing menyerahkan bantuan yang telah mereka kumpulkan dari jajaran pemerintah kota maupun warganya sebagai bentuk empati dan rasa prihatin atas bencana yang dialami tersebut. Eldin sendiri menyumbangkan uang tunai sebesar Rp.600 juta yang berasal dari masyarakat serta ASN dan guru di lingkungan Pemko Medan.
Selain uang tunai Rp.600 juta, Eldin juga memberikan bantuan berupa susu bayi, pakaian dalam serta mukena (telukung).    “Bantuan tambahan seperti susu bayi, pakaian dalam dan mukena yang kita berikan ini merupakan permintaan Pemko Palu karena memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang menajdi korban bencana tersebut,” kata Wali Kota.  
Selanjutnya tambah Wali Kota lagi, bantuan yang diberikannya hari itu di luar bantuan sebanayk 2,5 ton makanan siap saji dan 1 ton air mineral yang dikirim dengan menggunakan KRI teluk Bintuni-520 hasil kerjasama dengan Danlatamal 1 Belawan. “Semoga bantuan yang kita berikan ini dapat membantu meringankan beban saudara-saudara kita. Terus terang kita sangat prihatin dengan kondisi mereka saat ini,” ungkapnya 
Selain kepada warga, Wali Kota beserta rombongan pengurus APEKSI juga tak lupa menemui para relawan yang terus bekerja tanpa kenal lelah sedikit pun untuk membantu warga yang ditimpa musibah pasca gempa bumi disertai tsunami terjadi. Dalam pertemuan itu Wali Kota beserta pengurus APEKSI terus memberikan motivasi dan semangat agar para relawan terus memberikan bantuan. Selanjutnya Wakil Wali Kota Palu membawa Wali Kota beserta rombongan pengurus APEKSI meninjau sejumlah kawasan di Kota Palu yang rusak  parah akibat diterpa gempa bumi disertai tsunami tersebut, termasuk mengunjungi pinggiran pantai yang mengalami kerusakannya cukup parah tersebut.(mar/rel)