Kapoldasu & Walikota Cek Harga Sembako ke Pasar

Kapoldasu & Walikota Cek Harga Sembako ke Pasar
MEDAN, POC - Kapolda Sumut  Irjen Pol  Agus Andrianto bersama Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  meninjau Pusat Pasar dan Pasar Petisah, Selasa (9/10/2018). Selain ingin mengecek harga bahan kebutuhan pokok, peninjauan juga dilakukan untuk mengetahui apa keluhan para pedagang.
Peninjauan turut diikuti Kepala Perum Bulog Divre Sumut Benhur Ngkaimi, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hertanto, unsur Forkopimda Kota Medan dan Bank Indonesia Perwakilan Sumut, Dirut PD Pasar Rusdi Sinuraya serta pimpinan OPD terkait di Pemko Medan.
Dari hasil peninjauan yang dilakukan, harga bahan kebutuhan pokok cenderung stabil. Kenaikan harga hanya terjadi pada dua komoditi saja yakni cabai merah dan cabaIi rawit. Untuk cabai merah, harga di kisaran Rp.42.000/kg, sebelumnya harga Rp.34.000/kg. Sedangkan harga cabai rawit lebih ‘pedas’ lagi yakni Rp.50.000/kg, sebelumnya Rp.30.000-33.000/kg.
Peninjauan di Pusat Pasar diakhiri  dengan mendatangi Kedai Kita yang didirikan oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Medan, PD Pasar, Perum Bulog serta BI Perwakilan Sumut. Pasalnya,  kehadiran Kedai Kita untuk menjaga stabilitas harga di Kota Medan. Di samping itu juga memberikan kepastian harga yang sebenarnya, terutama bahan kebutuhan pokok.
Menurut Kapolda Sumut, mereka akan mencari tahu mengapa harga cabai merah maupun rawit naik di pasaran. “Apa mungkin karena faktor hujan, kita akan mencari apa ada faktor lain yang menyebabkan harga cabai merah dan rawit naik,"kata kapoldasu.
Sementara itu menurut Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi, peninjauan yang dilakukan bersama Kapolda Sumut untuk mengetahui kondisi pasar yang tengah terjadi saat itu. "Kita ingatkan kepada para pedagang maupun spekulan agar tidak ada lagi yang ‘main api ‘ untuk bisa membuat  kondisi Kota Medan tidak aman dan nyaman menyusul terjadinya kenaikan harga. Melalui OPD terkait, kita akan terus berupaya agar harga bahan kebutuhan pokok tetap stabil. Oleh karenanya kita akan terus melakukan pengawasan melalui Tim Ketahanan Pangan Pemko Medan, TPID Kota Medan beserta Polrestabes Medan dan Polda Sumut,” kata Wali Kota.
Selanjutnya peninjauan diteruskan ke Pasar Petisah, harga bahan kebutuhan pokoh relatif stabil dan tidak jauh dengan harga di Pusat Pasar. Kenaikan hanya terjadi pada cabai merah yang kini dijula Rp.49.000/kg dan cabai rawit Rp.45.000/kg. Sedangkan harga bawang merah Rp.20.000/kg, tomat Rp.10.000/kg, daging sapin Rp.119.000/kg, daging kambing Rp.80.000/kg dan ayam potong Rp.29.000/kg. (mar/rel)