DPRD Medan Gelar Diskusi Songsong Pemilu 2019

DPRD Medan Gelar Diskusi Songsong Pemilu 2019
MEDAN, POC - DPRD Medan menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema, “Menyongsong Pemilu 2019  Yang Jujur  & Berkualitas Dambaan Masyarakat Kota Medan di Grand Mecure Hotel Medan, Sabtu (27/10/2018). 

Acara FGD dibuka Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung diwakili Wakil Ketua DPRD Medan Burhanuddin Sitepu. FGD yang dihadiri anggota DPRD Medan serta tokoh masyarakat ini menghadirkan tiga nara sumber yakni Dekan FISIPOL USU DR Muriyanto Amin Ssos MSi, Ketua KPU kota Medan Agussyah Ramadani Damanik serta Ketua Banwaslu Kota Medan Payung Harahap.

Sekretaris DPRD Medan Drs Abd Azis mengatakan, tujuan FGD digelar untuk memberikan informasi peraturan perundang-undangan terkait pemilihan umum beserta prosedurnya. Kemudian melakukan pemetaan setiap permasalahan yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan pemilu (problem solving).

“Di samping itu juga untuk membangun sinergitas antar lembaga terkait pemilu di Kota Medan sehingga setiap masyarakat Kota Medan meningkat kesadarannya serta terjamin hak-hak politiknya dalam demokrasi. Sedangkan out put yang kita inginkan melalui FGD ini yakni terciptanya pemilu 2019 yang berkualitas di Kota Medan,” jelas Azis. 

Pada kesempatan itu Walikota Medan yang diwakili Sekda Ir Wiria Alrahman mengatakan, Tahun 2019 merupakan tahun politik yang tentunya dipenuhi dengan bebagai peluang dan tantangan. Agar konstelasi politik bisa berjalan  dengan lancar, berbagai upaya terus dilakukan guna menjaga situasi yang kondusif dapa pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) 2019 di Kota Medan.

Banyak analisis dan prediksi, meramalkan tahun depan akan menjadi tahun yang cukup banyak riak dan gelombang. Untuk itu lah agar riak dan gelombang tersebut tidak sampai menjadi badai. Maka perlu upaya antisipasi dan peningkatan kewaspadaan sejak dini agar tidak kecolongan.

"Sedangkan kewaspadaan itu harus datang dari berbagai element masyarakat termasuk Pemko Medan dan DPRD Medan,"ujar sekda. (maria)