TKHI Kawal Jamaah Lansia dan Risti

TKHI Kawal Jamaah Lansia dan Risti
MEKAH, POC - Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Kloter 3/MES akan terus mengawal dan memantau kondisi para jamaah haji. Terutama bagi jamaah haji yang berusia lanjut, risiko tinggi (risti), dan jamaah yang memakai kereta sorong.

"Agar mereka lebih fokus selama pelaksanaan Arafah, Musdalifah dan Mina (ARMINA) ini,"  kata Dokter Emmy Evawani yang didampingi para medis Massanofa dan Afrajani, Minggu (19/8/2018) sesaat sebelum berangkat ke Arafah.

Emmy mengatakan, kondisi pada umumnya jamaah haji Mandailing Natal saat ini baik dan sehat. Sebahagian yang hampir 65% berusia lanjut dan risti akan dikawal dan dipantau kesehatannya agar tetap sehat dan bugar, agar para jemaah mampu menyelesaikan ibadah di dengan baik tanpa kendala.

"Untuk sebagian besar jemaah haji risti dan lansia, kegiatan ini sangat berat, karena akan menguras tenaga kegiatan fisik. Belum lagi berada di alam terbuka dengan suhu panas tinggi, udara malam dalam waktu lama sekitar 5 hari, sangat dibutuhkan kedisiplinan para jemaah untuk mampu hidup sehat, dan tidak memaksakan diri kalau tidak mampu atau kurang sehat," ungkapnya.

Dia menambahkan, kesehatan jemaah di ARMINA ini merupakan salah satu prioritas, karena rangkaian pelaksanaan ibadah di ARMINA, jemaah sangat membutuhkan tenaga ekstra. "Dan kami akan berjuang untuk melayani jemaah untuk sehat, bugar dan melaksanakan rangkaian ibadah dengan baik sesuai syara’ yang ditentukan, dan berusaha membantu mereka meraih haji dan hajjah mabrur,"harapnya.

Emmy juga berharap kepada masyarakat Indonesia terutama Mandailing Natal untuk dapat mendoakan jemaah haji Mandailing Natal khususnya dan jemaah haji pada umumnya agar sehat, dan mampu melaksanakan seluruh ibadah haji dengan baik. (rel/mar)