Pemprovsu Siap Jadi Pilot Project Sistem Kepegawaian Elektronik -->

Advertisement

Advertisement

Pemprovsu Siap Jadi Pilot Project Sistem Kepegawaian Elektronik

Selasa, 14 Agustus 2018

MEDAN, POC – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) siap menjadi pilot project atau percontohan tentang sistem kepegawaian melalui elektronik. Bahkan, saat ini Pemprovsu sudah menjadi percontohan  bagi provinsi lain tentang pengembangan aplikasi e-planning dan e-budgeting, yang dapat diakses langsung melalui internet dimana pun berada.


Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj Sabrina MSi ketika menerima Kepala Kantor Regional (Kakanreg) VI Badan Kepegawaian Negara (BKN) Medan English Nainggolan SH MH, Senin (13/8/2018) di ruang kerjanya lantai 9 Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan.


“Dengan menerapkan sistem elektonik, kita bisa mengikuti perkembangan zaman yang banyak memakai sistem elektronik atau pun internet, hingga masyarakat bisa mengetahui hanya dengan cara akses internet,” kata Sabrina, yang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Mutasi Pegawai BKD Sumut Abdul Khoir.


Meski demikian, Sabrina masih memiliki keinginan besar untuk sistem data ASN, khususnya di seluruh Sumut,  sistem kepegawaian seperti data  ASN yang tersimpan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprovsu dapat dicari melalui internet. Tujuannya, tidak hanya mengurangi pemberkasan dengan menggunakan kertas, juga ASN tidak perlu lagi meninggalkan tugas hanya untuk mengantar data ke instansi berwenang, misalnya ASN daerah tidak lagi mengantarnya ke BKD Provinsi.


“ASN yang aktif cukup melalui internet menyampaikan berkas  ke instansi terkait yakni Badan Kepegawaian Daerah setempat, tanpa harus membawa berkas yang berupa kertas-kertas. Dan BKD sendiri cukup membuka data di website bisa langsung tanpa mencari berkas di gudang. BKD setempat juga harus aktif dalam hal status ASN yang akan medapatkan kenaikan pangkat  atau kenaikan gaji berkala, cukup menginformasikan kepada ASN melalui email ASN, dan ini mempermudah sistem kepegawaian kedepannya,” kata Sabrina.


Terkait dengan penempatan Kakanreg VI BKN  Medan yang baru English Nainggolan, Sabrina berharap bisa bekerjasama dalam hal kepegawaian di Sumut. “Sebagai perwakilan BKN pusat, Kepala Kareg VI BKN Medan yang baru saya harapkan bisa bekerjasama dengan Pemprovsu, seperti sebelumnya dalam hal sistem pegawai di Sumatera Utara,” ujarnya.


Kakanreg VI BKN Medan English Nainggolan yang saat itu didampingi Sestama BKN Pusat Usman Gumanti   mengatakan akan melanjutkan program kebijakan pendahulunya, serta tidak tertutup kemungkinan menerapkan sistem kepegawaian mengunakan elektonik lebih baik lagi dari sebelumnya. Termasuk sistem penerimaan ASN baru CASN atau sebelumnya CPNS. “Kedepan  masyarakat yang ingin mengikuti formasi CASN cukup melalui internet dan ini sudah dilakukan berapa tahun terakhir yang langsung link ke BKN Pusat,”ujarnya. (mar/rel)