Masyarakat Antusias Saksikan Penyembelihan Sapi Kurban dari Jokowi di Kantor Gubsu

Masyarakat Antusias Saksikan Penyembelihan  Sapi Kurban dari Jokowi di Kantor Gubsu
MEDAN, POC – Masyarakat tampak antusias menyaksikan penyembelihan sapi kurban bantuan Presiden RI  Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka Idul Adha 1439 H di halaman Kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Rabu sore (22/8/2018). Penyembelihan sapi pemberian  Presiden tersebut menarik perhatian masyarakat karena satu-satunya sapi kurban terbesar dengan bobot 1 ton 100 kilogram.

Karena berukuran lebih besar, panitia penyembelihan yang terlibat pun lebih banyak, untuk merebahkan hewan kurban. Masyarakat yang bersemangat dan ingin melihat lebih dekat, beberapa kali diingatkan oleh panitia untuk menjauh agar memudahkan proses penyembelihan. Penyembelihan akhirnya berlangsung lancar dengan iringan suara takbir bersama-sama oleh masyarakat dan panitia.

Turut menyaksikan penyembelihan tersebut Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus mewakili Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA.  “Alhamdulillah kita ucapkan kepada Allah SWT, baru saja kita selesai melaksanakan penyembelihan kurban Bapak Ir H Joko Widodo dan kurban yang beliau serahkan merupakan kurban yang terbesar dari beberapa jumlah yang kita sembelih pada hari ini,” ujarnya.

Ilyas mengaku merasa senang dan bersyukur bisa menyaksikan proses penyembelihan bersama-sama dengan masyarakat. “Mudah-mudahan, daging kurban ini bisa disampaikan panitia nantinya kepada para mustahiq atau yang berhak menerimanya,” ucapnya.

Sementara itu, Kordinator Penyembelihan Kurban di Lingkungan Pemprovsu Arifin Umar, mengatakan bahwa proses penyembelihan yang dimulai sejak pagi berjalan dengan lancar tanpa kendala. “Alhamdulillah, dengan menyebut nama Allah SWT, kita semua di sini melaksanakan tugas penyembelihan sejak pagi, Insya Allah semuanya berjalan lancar. Mohon doanya agar semua lancar hingga selesai dan daging bisa kita bagikan kepada 1900 orang pemegang kupon,” katanya, usai penyembelihan kurban Presiden RI Joko Widodo.

Diketahui, tahun ini ada 25 organisasi perangkat daerah (OPD) serta BUMD Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) yang berkurban di lingkungan Pemprovsu. Hewan kurban yang disembelih sebanyak 33 ekor sapi, salah satunya bantuan dari Presiden RI Joko Widodo. Ribuan warga tampak antri bergantian dengan tertib mengambil daging kurban mulai pukul 14.00 WIB hingga selesai.(mar/rel)