Wali Kota Tepung Tawari & Lepas Keberangkatan 2.407 Calhaj Asal Kota Medan -->

Advertisement

Advertisement

Wali Kota Tepung Tawari & Lepas Keberangkatan 2.407 Calhaj Asal Kota Medan

Kamis, 19 Juli 2018

MEDAN, POC - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menepungtawari 2.407 orang calon jemaah haji (calhaj) asal Kota Medan di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (18/7/2018).  Acara ini digelar sebagai  bentuk syukuran yang dilaksanakan untuk memberikan doa restu kepada para calhaj semoga segala rintangan dan cobaan yang dihadapi selama menunaikan rukun ibadah haji di Tanah Suci. Di samping itu juga untuk menguatkan iman calhaj agar mereka menjadi hamba yang semakin dicintai Allah SWT.


Tepung tawar dilakukan Wali Kota bersama Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi, Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung diwakili Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Nanda Ramli, Kajari Medan Olopan Nainggolan SH MH, Kapolres Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH MH, Kepala Kantor KemenaG Kota Medan H Al Ahyu MA serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan lainnya.


“Saya berharap kepada seluruh calhaj nantinya dapat melaksanakan ibadah haji dengan fokus serta selalu menebarkan kebaikan kepada sesama. Sebagai tamu Allah SWT yang paling mulia, kiranya para calhaj dapat menjaga larangan yang tidak diboleh dilakukan selama menunaikan ibadah haji. Insha Allah nantinya akan menjadi hamba Allah yang lebih baik  lagi dan selalu melaksanakan segala perintah-Nya,” kata Wali Kota.


Agar para calhaj tenang dan khusyuk selama melaksanakan ibadah haji, Wali kota memerintahkan kepada seluruh camat, lurah dan kepala lingkungan (kepling) untuk menjaga rumah beserta keluarga yang ditinggalkan. Untuk itu sebelum bertolak menuju Tanah Suci, para calhaj diingatkan agar melapor dan menitipkan rumah kepada camatnya masing-masing.


“Hal ini dilakukan dalam upaya untuk meringankan beban bapak maupun ibu  selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Dengan demikian ibadah haji yang dilaksanakan  berjalan lancar tanpa terkendala sedikit pun. Semoga bapak dan ibu nantinya menjadi haji yang mabrus dan maghfur," ungkapnya.


Usai memberikan arahan, Wali Kota langsung mendatangi tempat duduk para calhaj bersama Wakil Wali Kota unsur Forkopimda Kota melakukan tepung tawar. Sambi tepung tawar, Wali Kota tak lupa berpesan agar para calhaj tidak hanya melaksanakan ibadah yang wajib saja melainkan juga yang sunnah guna meningkatkan keimanan sekaligus wujud dari rasa syukur dan ketakwaan kepada Allah.


Selain tepung tawar, Wali Kota juga memberikan cindera mata kepada seluruh calhaj. Penyerahan cindera mata dilakukan secara simbolis kepada tiga orang calhaj tertua mewakili seluruh calhaj yang akan berangkat menunaikan Rukun Islam kelima tersebut. Setelah itu dilanjutkan dengan tausiah yang disampaikan Al Ustadz H Hasbi Al Mwardi SAg MA.


Sebelumnya, Kabag Agama Setdakot Medan Adlan dalam laporannya memaparkan, selain mendoakan agar seluruh calhaj  asal  Kota Medan diberi kekuatan dan kesehatan sehingga dapat melaksanakan ibadah haji dnegan baik, tepung tawar sekaligus pemberangkatan calhaj dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan hubungan silaturahmi antara Pemko Medan dan seluruh calhaj yang berjumlah 2.407 orang. (mar/rel)