Wali Kota Harap Kaum Lansia Dapat Terus Diberdayakan

MEDAN, POC - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  berharap agar para lanjut usia (lansia) dapat terus diberdayakan dalam setiap gerak pembangunan dengan memperhatikan fungsi-fungsi kearifan, pengetahuan, keahlian, ketrampilan dan pengalaman yang dimiliki individu lansia. Dengan demikian di usia yang menjelang senja, mereka masih dapat berkarya di lingkungan masyarakat.


Harapan ini disampaikan Wali Kota diwakili Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis ketika menghadiri Hari Lansia Tingkat Kota Medan  2018 di Gedung Dharma Wanita Jalan Rotan Medan, Selasa (31/7/2018). Acara ini diikuti ratusan lansia dari seluruh kecamatan di Kota Medan.


Untuk itulah melalui momen peringatan Hari Lansia ini, Wali Kota dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan sekda, mengajak seluruh masyarakat agar membantu menciptakan suasana yang mendukung terjadinya perubahan dan perilaku lansia agar tetap sehat dan produktif melalui promosi kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.


“Disamping itu menyadari nilai kearifan lansia dan membantu mereka berpartisipasi dalam keluarga dan masyarakat,” ungkapnya.


Sementara itu menurut Ahmad Raja, peringatan Hari Lansia kali ini mengusung tema, “Lansia Sejahtera Masyarakat Bahagia”. “Selain itu kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai sarana silaturahmi para lansia untuk bertemu dan bertukar pengalaman dalam mengisi hari-hari masa tua mereka masing-masing,” papar Ahmad Raja.


Peringatan Hari Lansia dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan seperti pemberian baju olahraga, ceramah mengenai kesehatan lansia, fashion show, menyulam, puisi serta pemeriksaan kesehatan seperti asam urat dan gula darah. (maria)