Kapal Tunda MT Anoman Hibah Menteri Perhubungan Laut Nyaris Tenggelam di Dermaga 104

BELAWAN, POC - Kapal Tunda MT Anoman VI milik Pelindo 1 yang merupakan hibah dari Menteri Perhubungan Laut di tahun 1986 nyaris tenggelam. Ironisnya, kapal tersebut dalam kondisi mengkhawatirkan tanpa perhatian dari PT Pelindo 1 dan menjadi tontonan warga/nelayan, Kamis (26/7/2018)

Menurut informasi, Kapal Tunda MT Anoman VI milik pelindo 1 ini sudah bertahun-tahun mengalami kerusakan. Sebelumnya kapal tersebut, terpacak di Dermaga Ujung Baru Pelabuhan Belawan. Namun saat ini, kapal tersebut dipindahkan dan dipacakkan di Dermaga Gudang 104 Pelabuhan Belawan dengan keadaan nyaris tenggelam.

Manajer Umum Pelindo 1 Cabang Belawan, Khairu Ulya membenarkan adanya kapal Tunda Anoman VI milik Pelindo 1 dalam keadaan miring nyaris tenggelam terpacak di dermaga Pelabuhan Belawan, Rabu (25/07/2018).

"Kapal tersebut hibah dari Menteri Perhubungan Laut pada tahun 1986 yang sekarang termasuk barang yang sudah dihapuskan," ujarnya.

Namun Khairu membantah pihaknya mengabaikan kapal Tunda hibah dari menteri perhubungan laut itu. "Kapal milik pelindo 1 itu sudah tidak dapat dioperasikan lagi, tinggal menunggu lelang untuk dihapuskan," terangnya.

Khairu juga menambahkan, Kapal Anoman VI ini sengaja di pacakan didermaga milik pelindo 1 agar dapat diawasi dan di kontrol oleh petugas keamanan pelindo 1.

"Jika dipacakan di tempat lain atau dikandaskan dipantai pantai yang berada diareal Pelabuhan Belawan dikhawatirkan aset aset kapal tersebut akan hilang," jelasnya mengakhiri. (Kinoi)