Hindari Hipertensi, Wali Kota Ajak Masyarakat Rutin Periksakan Kesehatan

MEDAN, POC - Wali Kota Medan Drs H T dzulmi Eldin S MSi mengajak masyarakat untuk melakukan medical check-up (pemeriksaan kesehatan) secara berkala untuk mengetahui kadar kesehatan tubuh. Apabila mengetahui tentang kondisi kesehatan tubuh, tentunya dapat cepat melakukan tindakan pencegahan berbagai potensi penyakit, termasuk hipertensi.

Ajakan ini disampaikan Wali Kota ketika menghadiri Car Free Day (CFD) sekaligus Peringatan Hari Hipertensi Dunia di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (22/7/2018). Dengan rutin melakukan medical check-up, Wali Kota mengatakan, warga dapat mengendalikan hipertensi yang selama ini kerap disebut sebagai silent killer (sang pembunuh senyap).

Diungkapkan Wali Kota, hipertensi merupakan penyakit kardiovaskuler yang paling umum dan paling banyak terjadi di masyarakat. Berdasarkan data Riskesdas, jelasnya, prevalensi hipeternsi di Indonesia mencapai sebesar 25,8%, tapi hanya 9,5% penderita hipertensi yang didiagnosis oleh tenaga kesehatan akibat kurangnya kesadaran masyarakat untuk secara rutin memeriksa tekanan darahnya.

“Untuk itulah melalui peringatan Hari Hipertensi Dunia, saya mengajak masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Ingatlah lebih baik mencegah dari pada mengobati. Di samping itu terapkan pola hidup sehat dan rutin berolahraga agar terhindar dari hipertensi,” kata Wali kota.

Itu sebabnya jelas Wali Kota, Pemko Medan rutin mengajak seleuruh warga Kota Medan untuk mengikuti CFD dan senam jantung sehat di Lapangan Merdeka setiap Minggu pagi. Selain sebagai sosialisasi untuk mengajak masyarakayt mengurangi polusi udara, kegiatan itu juga dilakukan untuk memelihara kesehatan jantung dan tubuh.

“Yang tidak kalah pentingnya, melalui CFD dan senam jantung sehat dapat merekatkan sialturahmi antara Pemko Medan dengan masyarakat. Oleh karenanya mari kita mengikuti CFD dan senam jantung sehat,” ajak Wali kota.

CFD dan peringatan Hari Hipertensi Dunia berlangsung meriah. Acara yang digelar Yayasan Janting Indonesia (YJI) Pusat dengan Pemko Medan ini bertujuan untuk menggugah kesadaran amsyarakat akan pentingya rutin melakukan medical check-up, terutama mengukur tekanan darah agar tidak terkena hipertensi.

Selain Wali Kota, acara juga dihadiri Wakil Wali Kota Ir Akhyar Nasution MSi, Ketua YJI Pusat Prof Dr dr Budi Setiano Sp.Jp (K), pimpinan OPD, camat, lurah serta ribuan masyarakat.(mar/rel)