Handuk Haji Dari PDAM Tirtanadi, Kemenag: Satu-satunya di Indonesia -->

Advertisement

Advertisement

Handuk Haji Dari PDAM Tirtanadi, Kemenag: Satu-satunya di Indonesia

Minggu, 22 Juli 2018

MEDAN, POC - PDAM Tirtanadi kembali menunjukkan kontribusinya pada pelaksanaan Haji tahun 2018 ini. Seperti tahun-tahun sebelumnya, perusahaan plat merah ini kembali memberikan handuk sebagai souvenir kepada para calon haji.

Pada musim Haji kali ini, PDAM Tirtanadi memberikan sebanyak 8.500 handuk yang diserahkan secara simbolik melalui Kakanwil Depag Sumut H.T. Darmansyah, di Gedung Raudhah Asrama Haji Medan, Sabtu (21/7/2018).

"Jamaah calon haji embarkasi Medan adalah satu-satunya jamaah calon haji di seluruh Indonesia yang mendapat Souvenier berupa handuk," kata Darmansyah.

Dia mengatakan, souvenir itu mendapat apresiasi dari Kementerian Agama. Pasalnya handuk sangat dibutuhkan jamah calon haji saat melaksanakan rangkaian ibadah haji.

"Dimana kita ketahui disana cuaca lumayan panas ditambah lagi karena jumlah jamaah yang sangat banyak membuat udara terasa sangat panas,” katanya.

Dikatakan, handuk ini juga menjadi kenang-kenangan tersendiri bagi jamaah yang melaksanakan ibadah haji. Darmasyah mengaku, dirinya juga pernah mendapat handuk dari PDAM Tirtanadi saat melaksanakan ibadah haji pada tahun 2007 dan 2014. Ia masih menyimpan handuk tersebut sampai saat ini.

Darmansyah juga mengapresiasi kesiapan PDAM Tirtanadi untuk memastikan ketersediaan air di Asrama Haji Medan.

“Walaupun mungkin alirannya kadang tersendat, namun kami bersyukur kami tidak kekurangan air karena mobil tangki PDAM Tirtanadi rutin mensuplai asrama haji sebanyak dua tangki setiap harinya,” kata dia.

Sementara itu, Dirut PDAM Tirtanadi kepada wartawan mengatakan bahwa pemberian souvenir kepada jamaah calon haji ini merupakan salah satu CSR PDAM Tirtanadi. Pemberian handuk ini sudah menjadi agenda rutin dan tradisi setiap tahunnya.

“Mengutip kata Bapak Kakanwil tadi, di tinjau dari sudut pandang agama, hal ini merupakan pajak air yang digunakan PDAM Tirtanadi karena alam dan seluruh isinya adalah milik Allah SWT. Pajak ini kemudian disalurkan atau disedekahkan kepada jamaah calon haji," kata Sutedi.

Sutedi berharap Jamaah calon haji mendoakan PDAM Tirtanadi senantiasa mampu melayani kebutuhan air bersih untuk masyarakat Medan khususnya dan Sumut pada umumnya.

“Kami mohon doa dari seluruh jamaah agar kami senantiasa diberi kesehatan dan mampu mengemban amanah untuk menyediakan air bagi masyarakat,” pinta Sutedi.

Hadir dalam penyerahan simbolik ini Kabid Haji dan Umroh H. Muslim, Kasi Akomodasi dan Perlengkapan M. Azim, Ka. UPT Asrama Haji Medan Sutrisno, Bagian Pelayanan UPT Asrama Haji Medan Ramlan Sudarto.

Sementara itu, Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo didampingi Kepala Sekretaris Perusahaan Jumirin, Kacab Padang Bulan Nasib Saul Parapat dan Asisten 1 Sekretaris Perusahaan Zaman K. Mendrofa.(maria)