BPPK Kemenlu Tawarkan Kerjasama Pemko Medan Dengan Andaman & Nicobar India -->

Advertisement

Advertisement

BPPK Kemenlu Tawarkan Kerjasama Pemko Medan Dengan Andaman & Nicobar India

Jumat, 13 Juli 2018

MEDAN, POC - Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menerima kunjungan kerja Badan Pengkajian Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia di Balai Kota Medan, Kamis (12/7/2018).  Kunjungan itu dilakukan dalam rangka mewujudkan kerangka Indonesia India Bilateral Project on Indo Pacific.


Dalam kunjungan tersebut, delegasi BPPK membawa serta Duta Besar India untuk Indonesia Pradeeep Kumar Rawat beserta para pejabat di lingkungan Kedua Besar India serta delegasi bisnis India serta Konsul Jenderal India di Medan Dr Shalia Shah.


Pimpinan delegasi Kemenlu RI Eko Hartono menjelaskan, kedatangan mereka untuk membuka peluang bagi pengusaha Kota Medan agar memanfaatkan peluang bisnis di Kepulauan Andaman dan Nicobar, salah satu kepulauan di India. Pasalnya, pemerintah India saat ini sedang concern membangun Kepulauan Andaman dan Nicobar.


Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution,M.Si menyambut baik tawaran tersebut, mengingat antara Indonesia, terutama Kota Medan dan India telah lama terjalin hubungan yang erat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya komunitas India di Kota Medan.


Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota juga menawarkan peluang inventasi bagi para pengusaha India, khususnya di bidang pengelolaan sampah menjadi energi.


Di samping itu papar Akhyar, Pemko Medan melalui Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi sedang fokus membangun Kota Medan. Tahun ini Pemko Medan akan membuka tender terbuka untuk pembangunan Light Rail Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT).


Sementara itu Dubes India Pradeep Kumar Rawat, mengucapkan terima kasih karena Pemko Medan telah menerima kunjungan mereka. Sebelum mengunjungi Medan, mereka lebih dulu mendatangi Nanggroe Aceh Darusalam dan Pemerintah Provinsi Sumut.


Pertemuan diakhiri dengan pertukaran cindera mata. Wakil Wali kota menyerahkan cindera mata berupa miniatur Istana Maimun dan Batik Medan kepada Dubes India dan pimpinan delegasi BPPK Kemenlu. Setelah itu dilanjutkan dengan ramah tamah sambil menikmati aneka kuline khas Kota Medan. (maria/rel)