7.234 Peserta Ikuti Ujian Masuk Polmed Gelombang II 2018

MEDAN, POC - Politeknik Negeri Medan (Polmed) kembali melaksanakan penerimaan mahasiswa baru untuk tahun Akademik 2018/2019 melalui jalur ujian Masuk Negeri (UMPN). UMPN ini merupakan ujian masuk gelombang II yang pendaftarannya dilaksanakan mulai tanggal 21 Juni 2018 sampai dengan 12 Juli 2018 secara online.
UMPN gelombang II dilaksanakan, Selasa (17/7/2018). Dimulai pukul 07.30 wib sampai dengan pukul 10.00 wib untuk kelompok ujian IPA dengan materi ujian Matematika, Ekonomi, Akuntansi, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Pada UMPN gelombang II ini diikuti sebanyak 7.234 peserta yang terdiri dari 3.918 peserta dari kelompok ujian IPA, 3.316 peserta kelompok ujian IPS. Peserta ujian gelombang II ini memperebutkan kursi yang tersedia pada 11 program studi D III reguler, 7 program studi D III kelas khusus dan 6 program studi Sarjana Terapan di Polmed.
UMPN gelombang II dilaksanakan secara mandiri oleh Polmed, berbeda dengan UPMN gelombang I yang dilaksanakan secara nasional bersamaan dengan Politeknik Negeri lainnya di seluruh Indonesia.
Direktur Polmed M Syahrudin ST MT bersama Nursiah SE MSi (wakil direktur I) , Abdul Rahman SE Ak MSi (wakil direktur II), Nisfan Bahri Lubis ST MT (wakil direktur III) dan Ir Berta Br Ginting MT (wakil direktur IV) langsung meninjau pelaksanaan UMPN tersebut. Pimpinan Polmed juga melakukan dialog dengan sejumlah pengawas dan peserta terkait kondisi yang dihadapi saat pelaksanaan UMPN.
"Peserta UMPN di Polmed setiap tahunnya mengalami peningkatan, hal ini menunjukkan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polmed sebagai penyelenggara pendidikan vokasi di Indonesia,"ungkap M Syahruddin didampingi para wakil direkturnya di sela-sela memantau pelaksanaan ujian di Kampus Polmed, kawasan Padang Bulan Medan.
Dijelaskan Syahruddin, hasil ujian UMPN gelombang II ini akan diumumkan pada 23 Juli 2018. "Pengumuman hasil ujian tersebut dapat dilihat di mass media yang ditunjuk Polmed dan juga dapat dilihat di massmedia yang ditunjuk Polmed, dan juga dapat dilihat pada website Polmed http://www.polmed.ac.id. Serta juga di papan pengumuman yang ada di Polmed, Jalan Almamater No 1 Kampus USU Medan,"sebutnya.

Raih SINTA Award Dari Kemenrisdikti

Pada kesempatan itu, Syahrudin mengungkapkan, Polmed turut berperan dalam pengembangan ilmu dan penerapan ilmu ke masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan memfasilitasi anggaran yang cukup besar untuk penelitian yang dilakukan dosen. "Dan hasilnya tahun ini Polmed memperoleh SINTA (Science And Technology Index) Award dari Kemenristekdikti, Politeknik menempati peringkat ke 5 dan satu dosen yaitu Arridina Susan Silitonga BSc M Eng PhD menempati peringkat kedua dari seluruh perguruan tinggi Satker di bawah Kemenristekdikti," ujarnya.

Syahrudin menambahkan, Polmed juga melakukan kerjasama dengan PLN , GMF Aero Asia, Shanghai Electric Power Station, PT Perkebunan Nusantara II (PTPN II), Bank Sumut dan lainnya. "Untuk kerjasama pendidikan di luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, USA (Highline Collage), Swiss (HTL), Belanda (Mastricht Of School Management), China (Shanghai University of Electric Power), Taiwan (Lunghwa University of Science and Technology) dan lainnya. Sehingga nantinya para lulusan Polmed tidak hanya diberikan ijazah tetapi juga sertifikasi kompetensi," ujar Direktur Polmed ini seraya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya UMPN gelombang I yang lalu dan gelombang II ini. (maria)