MPM Sumut Diharapkan Jadi Mitra Pemerintah Majukan Kaum Perempuan -->

Advertisement

Advertisement

MPM Sumut Diharapkan Jadi Mitra Pemerintah Majukan Kaum Perempuan

Jumat, 01 Juni 2018

MEDAN, POC - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi berharap kehadiran Majelis Puan Puan Melayu (MPM) Sumatera Utara (Sumut) bisa menjadi mitra pemerintah dalam memajukan nasib kaum perempuan di Sumut, khususnya perempuan Melayu.

Hal ini disampaikan Gubsu Erry Nuradi saat menerima audiensi MPM Sumut, di Ruang Marah Halim Kantor Gubernur Sumut, Kamis (24/5/2018). Gubsu menyambut baik serta mengapresiasi terbentuknya MPM Sumut.

Menurut Erry, organisasi seperti MPM Sumut bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk menjangkau kelompok-kelompok perempuan yang mungkin belum tersentuh oleh kebijakan pemerintah.

“Organisasi seperti MPM ini tentunya sangat membantu pemerintah, khususnya dalam mengkomunikasikan program-program pemerintah dan mengetahui kebutuhan-kebutuhan perempuan Melayu yang ada di daerah pesisir atau daerah lain. Nantinya, MPM ini bisa memberikan masukan kepada kami, pemerintah, dan kami pun selaku pemerintah bisa melahirkan kebijakan yang mendukung kemajuan kaum perempuan,” katanya.

Selain itu, Erry berpesan kepada MPM agar aktif melakukan kegiatan-kegiatan produktif yang bisa memberikan manfaat kepada perempuan. Sehingga nantinya, semakin banyak bermunculan perempuan-perempuan Melayu yang unggul dan ikut berkiprah membangun Sumut.

Erry juga mengingatkan bahwa MPM harus aktif dalam mensosialisasikan semangat Melayu yang mulai pudar di tengah masyarakat. “Jangan sampai generasi muda Melayu lupa dengan adat istiadat dan budaya Melayu. MPM harus giat lakukan sosialisai untuk melestarikan kebudayaan Melayu, seni, kuliner, pakaian, berbalas pantun, dan lainnya,” ujar Erry.

Sementara itu, Ketua MPM Hj Zunaidar Sutanto berharap bisa memenuhi harapan dan pesan-pesan yang telah disampaikan Gubsu Erry. Dikatan Zunaidar, MPM ini memang bertujuan untuk memajukan perempuan Melayu, sekaligus membangkitkan kembali harkat dan martabat Melayu di Sumut.

“Untuk mencapai tujuan-tujuan MPM, insya Allah kita akan lakukan kerja sama dengan Malaysia yang serumpun dengan kita, Melayu Indonesia, juga dengan Brunei dan seluruh Melayu yang ada di Asia. Mudah-mudahan bisa dicapai, untuk itu kami sangat mengharapkan dukungan dari masyarakat-masyarakat Melayu di Sumut serta pemerintah, khususnya Bapak Gubernur,” ujarnya.

Zunaidar kemudian menyampaikan bahwa kedatangannya beserta rombongan bertujuan untuk bersilaturahmi sekaligus meminta Gubsu Erry untuk melantik kepengurusan MPM bulan Juni mendatang. Meski belum dilantik, sejauh ini MPM telah rutin melakukan pertemuan bulanan. Agenda pertemuan diantaranya pengajian dan pemberian bantuan kepada kaum dhuafa.

Turut hadir dalam audiensi tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provsu Hidayati,  Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provsu Nurlela. (rel)