PKK Sumut Monitoring Binjai


BINJAI, POC- Setelah melakukan monitoring ke Tebing Tinggi dan Labuhan Batu Utara, Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara, Ny Evi Diana Erry Nuradi bersama pengurus melakukan monitoring dan evaluasi program Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) di Kota Binjai.


Pengurus PKK Sumut disambut Wakil Walikota Binjai Timbas Tarigan, Ketua PKK Binjai Ny Lisa Andriani Idaham bersama sejumlah pengurus, camat, lurah dan undangan lainnya di Kelurahan Pujidadi, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Rabu (15/11/2017).


Selain monitoring PKDRT, PKK Sumut juga mengevaluasi desa/kelurahan pelaksana terbaik 10 program pokok PKK dalam rangka HKG PKK kategori tertib adminstrasi, UP2K, pemanfaatan tanah pekarangan dan IVA tes.


Dalam kesempatan itu, Ny Evi Diana mengatakan dari tahap monitoring sejak bulan September 2017, terpilih 6 besar untuk kabupaten dan 3 besar untuk kota, bagi masing-masing kegiatan lomba.


Khusus untuk Kota Binjai, kata Evi, ada inovasi baru yang diterapkan. ‘’Inovasi yang kami dengar di kota ini, bisa nanti kami unggulkan untuk tingkat nasional,’’ ucap Evi.


Evi berharap PKK kabupaten dan kota di Sumut dapat melakukan yang terbaik dengan meningkatkan kualitasnya masing-masing. ‘’Kami percaya bila kita menjalankan 10 program pokok PKK, maka tercapailah keluarga yang bahagia,’’ tutur Evi.


Sementara masih sering terjadinya kekerasan dalam rumah tangga, menurut Evi, pemicunya kebanyakan disebabkan oleh faktor ekonomi. ‘’Untuk itu, PKK konsen memainkan peranannya dalam merangkul dan memberi bimbingan kepada keluarga. Bagaimana keluarga tersebut, terutama kaum perempuan atau ibu rumah tangga bisa menghasilkan tambahan pendapatan bagi keluarganya,’’ terang Evi. (Maria)