Belum Rekam e-KTP, Disdukcapil Beri Surat Keterangan Bagi Pemilih

Belum Rekam e-KTP, Disdukcapil Beri Surat Keterangan Bagi Pemilih
MEDAN, POC- Tercatat, sebanyak 1.774.867 (sekitar 1,7 juta) warga Sumatera Utara (Sumut) belum melakukan rekaman KTP elektronik (e-KTP). Dari total 10.335.695 jiwa penduduk yang wajib memiliki KTP, namun baru 8.580.828 (82,86%) penduduk yang sudah melakukan perekaman e-KTP tersebut.

"Tercatat per 30 September, jumlah penduduk yang belum melakukan perekaman e-KTP sebanyak 1.774.867 (17,14%)," ujar Kepala Seksi Fasilitasi Sarana dan Prasarana PIAK dan Bina Administrasi Data Base (ADB), Dinas Kependudukan Provinsi Sumatera Utara, Sunggul Tampubolon dalam Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih pada Pemilihan Tahun 2018 se Sumatera Utara yang digelar KPU Sumut di Hotel Le Polonia, Medan, Jumat (17/11/2017).

Untuk memenuhi target nasional perekaman KTP elektronik 100 persen pada Desember ini, Disdukcapil kabupaten kota sebagai instansi pelaksana akan menjemput bola dengan langsung mendatangi masyarakat.

"Khusus untuk kepentingan pemilih dan terdaftar di data base akan diberi surat keterangan yang ditandatangani oleh kadisdukcapil masing-masing daerah,"jelasnya.

Ia menambahkan, data penduduk untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 akan diserahkan Kemendagri ke KPU pusat dan KPU pusat nantinya secara berjenjang menyampaikan ke KPU provinsi dan kabupaten kota.

Sementara itu, Ketua KPU Sumatera Utara, Mulia Banurea mengatakan masing-masing KPU pada kabupaten/kota se Sumatera Utara agar berkoordinasi dengan jajaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pada daerah mereka mengenai persoalan data kependudukan. Hal ini menurutnya penting karena data kependudukan ini menjadi salah satu acuan bagi mereka dalam menyusun kebijakan terkait kepemiluan.

"Koordinasi ini kita harapkan dapat mencegah munculnya masalah terkait data kepemiluan," pungkasnya.

Rapat Koordinasi antara Jajaran KPU Sumut dengan Dinas Kependudukan Provinsi Sumatera Utara hari ini dihadiri oleh jajaran komisioner dari KPU kabupaten/kota se Sumatera Utara. Rakor ini sendiri dibuka oleh Komisioner KPU RI Viryan. (maria)