Wali Kota lantik 196 Pejabat Eselon III & IV Di Lingkungan Pemko Medan

Wali Kota lantik 196 Pejabat Eselon III & IV Di Lingkungan Pemko Medan
MEDAN, POC- Dalam upaya penyegaran dan pemenuhan kebutuhan birokrasi efektif sekaligus memacu pembangunan serta memberikan pelayanan  terbaik kepada seluruh masyarakat, Wali kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  melantik  196 pejabat  struktural  eselon III dan IV di lingkungan Pemko Medan, Kamis (19/10).

Pejabat struktural yang dilantik itu meliputi sekretaris kecamatan (Sekcam), lurah dan kepala seksi (kasi).  Namun ada yang lain dalam pelantikan kali ini, biasanya Wali Kota  melakukan pelantikan di dalam gedung yang  dilengkapi  dengan mesin pendingin ruangan.  Kali ini justru dilakukan di tempat terbuka  yakni Lapangan Benteng Medan dan di bawah terik matahari.

Selain  unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan, pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan camat,  pelantikan juga disaksikan keluarga, kepala lingkungan serta masyarakat. Melalui pelantikan di tempat terbuka ini diharapkan dapat meningkatkan  rasa kebersamaan dan sinergitas yang kuat.

Dihadapan seluruh pejabat struktural yang dilantik itu, Wali Kota menyampaikan ada 3 tugas dan fungsi yang harus dijalankan yakni menumbuhkembangkan komitmen, sikap dan perilaku kerja yang positif guna mewujudkan mental kerja baja.  Kemudian membangun kerjasama yang semakin kokoh di lingkungan kerja sehingga dapat menyelenggarakan tupoksi lebih baik.

Yang terakhir kata Wali Kota, meningkatkan wawasan tugas dan fungsi OPD sehingga memiliki kemampuan teknis untuk menyelenggarakan tupoksi dengan lebih baik, tepat waktu dan sasaran.  Dengan penyegaran yang dilakukan ini, Wali Kota berharap para pejabat yang baru dilantik dapat ‘mewarnai’ pembangunan di Kota Medan serta peduli dengan apa yang menjadi keluhand an tuntutan masyarakat.

“Lebih penting lagi, saudara-saudara harus selalu peka, peduli dan responsif terhadap berbagai tuntutan kebutuhan masyarakat.  Saya tidak mau lagi mendengar ada imbalan dibalik layanan yang diberikan kepada masyarakat. Apabila saya mendengar dan mendapatinya,  langsung  saya ambil tindakan tegas,”  kata Wali Kota.

Untuk itulah Wali kota me-warning seluruh pejabat yang  baru dilantik ini agar dapat menjalankan semua amanah dengan sebaik-baiknya. “Jika tugas dan amanah ini tidak dapat dijalankan, maka saya tegaskan jangan harap saudara tetap menjadi sekcam, lurah atau pun kasi lagi!” tegasnya.

Selanjutnya melalui pelantikan yang dilakukan ini, Wali Kota minta kepada camat agar mengetahui seluruh kejadian sekecil apapun yang terjadi di wilayahnya masing-masing. Sebab, camat memiliki sekcam, lurah dan kepala lingkungan. “Jadi mulai saat ini apabila camat saya tanya  tentang yang terjadi yang di wilayahnya, mereka harus tahu,” ujarnya.

Oleh karenanya Wali Kota menegaskan, mulai saat ini camat harus bisa membangun sinergitas dan kerjasama dengan sekcam, lurah dan kepling.  Artinya, sekcam, lurah danm kepling harus dijadikan sebagai kawan dan mitra kerja. Dengan terbangunnya kebersamaan ini, Wali kota tidak mau lagi mendengar ada lurang yang ditakuti keplingnya dan camat ditakuti lurahnya.

“Ingat, kita adalah team work yang berada dalam satu kapal besar bernama  Pemko Medan. Jangan pernah sekalipun jadikan bawahan sebagai objek tertentu, justru jadikanlah mereka mitra kerja yang baik. Untuk itu marilah kita jadikan pelantikan ini sebagai momentum terbaik  untuk memabngun kebersamaan dan sinergitas dalam rangka menjadikan Kota Medan lebih baik ke depannya,” harapnya.

Sebelum mengakhiri arahannya, Wali Kota berpesan agar seluruh pejabat yang baru dilantik ini bahwasannya kinerja dan prestasi kerja akan senantiasa menajdi tolok ukur keberhasilan  pembangunan kota. Karena itu  bekerjalan dengan sungguh-sungguh dan tulus serta penuh keikhlasan.

“Saudara-saudara harus tunjukkan loyalitas  yang tinggi dan tidak mudah goyah. Saya ingatkan untuk tidak pernah sekalipun melepaskan momentum untuk berkarya dan berprestasi  lebih baik atas tugas-tugas dan fungsi yang telah diamanahkan kepada saudara-saudara saat ini.  Serta layanilah masyarakat dengan sebaik-baiknya tanpa mengharapkan imbalan apapun!” pungkasnya.

Salah satu pejabat yang dilantik itu yakni Baharuddin Ritonga SSTP menjadi Sekcam Medan Sunggal. Sebelumnya Baharuddin menjabat Lurah Silalas, Kecamatan Medan Barat.  Promosi ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi  atas kinrja yang dilakukan Baharuddin selama diamanahkan menjdi Lurah Silalas atas prestasi yang diraihnya seperti Juara I Lurah Terbaik  Tingkat Provinsi Sumut dan Juara III Lurah Terbaik Regional Sumatera. (rel/maria)