Tabuh ‘Gordang Sembilan’ Meriahkan Launching Pilgubsu 2018

Tabuh ‘Gordang Sembilan’ Meriahkan Launching Pilgubsu 2018
MEDAN, POC- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar Launching Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur Sumut tahun 2018 di Tiara Convention Center Medan,
Minggu (8/10/2017).

Peluncuran ini ditandai dengan tabuhan “gordang sembilan”, pemilihan gubernur (Pilgub) dengan tema “Ayo Memilih, Suaramu Untuk Sumatera Utara". Penabuhan 'gordang sembilan' dilakukan secara serentak oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Erry Nuradi, dan komisioner KPU Sumut sebagai tanda dimulainya pesta demokrasi di Sumatera Utara.

Dalam peluncuran tersebut, Ketua KPU Sumut Mulia Banurea menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sumut yang telah mengalokasikan anggaran pilgub sebesar Rp 855 miliar.
Mulia mengakui sudah menerima anggaran tahap pertama sebesar Rp 340 miliar.

"Kami berjanji akan transparan menggunakan anggaran,"ujar Mulia dihadapan ratusan undangan yang hadir.
KPU Sumut berkomitmen dengan menyiapkan petunjuk teknis (juknis) guna penggelolaan dana secara transparan dan akuntabel. Kita siapkan juknis sehingga komisioner di daerah pun bisa mengetahui," kata Mulia seraya menegaskan, pihaknya akan berlaku adil dan tidak mengistimewakan salah satu pasangan calon.

Tahapan utama dalam pilgubsu akan dimulai pada 12 Oktober dan melakukan rekrutmen penyelenggaran ad hok dalam pilgub yang digelar 27 Juni 2018 mendatang.

Setelah itu, KPU akan menerima pendaftaran bakal calon dari jalur perseorangan dengan syarat dukungan minimal sebanyak 765.048 fotocopy KTP.

"Pendaftaran dibuka ada 8-10 Januari 2018, baik bakal calon dari dukungan parpol mau pun jalur perseorangan,''bilang Mulia.

Tahapan selanjutnya, KPU akan menetapkan peserta yang berhak mengikuti pilgub Sumut pada Februari 2018. Tiga hari setelah penetapan, akan dilakukan kampanye hingga 23 Juni atau tiga hari sebelum pemungutan suara.

"Dengan adanya peluncuran ini diharapkan kepada seluruh pemilih untuk menggunakan hak pilihnya sesuai ketentuan yang berlaku. Dan tujuan peluncuran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumut 2018," katanya.

Acara peluncuran Pemilihan Gubernur Sumut 2018 dihadiri Ketua KPU RI, Arief Budiman dan anggota KPU RI Evi Novida Ginting, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Ketua dan anggota DPRD Sumut, pengurus lembaga agama, rektor Perguruan Tinggi Negeri dan swasta, ketua dan pengurus partai politik di Sumut, Organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan dan berbagai elemen masyarakat lainnya.

Pada acara tersebut juga secara resmi diluncurkan jingle dan maskot Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018 yang didahului dengan pengumuman pemenang sayembara jingle dan maskot. Jingle Pilgub Sumut 2018 dinyanyikan oleh Ihsan Tarore, penyanyi ibukota diiringi band dari Kota Medan. (maria)