Ketua Fraksi Demokrat : "Tembak Pelaku Begal di Medan!!!"

Ketua Fraksi Demokrat : "Tembak Pelaku Begal di Medan!!!"
MEDAN, POC- Aksi begal yang mengambil nyawa korbannya dalam minggu ini membuat situasi Kota Medan menjadi tidak aman. Pengemudi online yang jelas-jelas bekerja untuk mencari sesuap nasi kerap menjadi korban keganasan begal. Ini sudah sangat keterlaluan dan harus ada tindakan dari aparat kepolisian.

"Biadab, tembak di tempat pelaku begal yang sudah meresahkan masyarakat ini, " tegas Ketua Fraksi Demokrat DPRD Medan, Drs Herry Zulkarnaen Hutajulu MSi kepada wartawan, Senin (25/9/2017) di kantor DPRD Medan menanggapi maraknya aksi begal pekan kemarin.

Kondisi ini membuat keresahan di masyarakat karena para pelaku begal ini tidak pandang bulu terhadap para korbannya, ujarnya. Para korban begal itu sudah jelas tidak memiliki uang, sehingga pengemudi online menjadi sasaran pelaku begal ini.

Semua ini tidak terlepas akibat maraknya penggunaan narkoba di masyarakat yang belakangan ini semakin marak juga. " Maraknya narkoba membuat para pengguna, menjadi nekat merampok dan menjadi pelaku begal untuk memenuhi kebutuhan narkoba, " tudingnya.

Untuk itu Herry meminta dengan tegas aparat kepolisian agar bertindak cepat. Kemudian, mengantisipasi kejadian yang sama berulang, harusnya kepolisian lebih memperbanyak patroli di jalan-jalan yang ada di Medan. “Jangan lebih banyak merazia diskotik dan tempat hiburan lainnya, walaupun razia terhadap pengguna narkoba juga penting,"ujarnya seraya menambahkan saat ini aksi pelaku begal sudah sangat memprihatinkan.

Selain itu, hendaknya polisi cepat tanggap terhadap laporan warga apabila terjadi peristiwa kejahatan di lapangan. “Berilah rasa aman dan nyaman terhadap warga Kota Medan,” ujar Politisi Partai Demokrat ini lagi.

Kalau ada persoalan anggaran yang kurang sehingga patroli polisi menjadi terbatas dilakukan, Polresta Medan bisa mengajukan kebutuhannya kepada Pemko Medan agar bisa dibicarakan penambahannya. Misalnya kendaraan yang kurang banyak agar menjangkau semua lokasi, ujarnya lagi seraya menyebutkan DPRD Medan siap mendukung hal itu kalau sudah ada usulan dari Pemko Medan.

Wali Kota Medan dalam hal ini juga diharapkan perhatiannya guna rasa nyaman warga di “Medan Rumah Kita.” Perhatian yang bisa dilakukan seperti melakukan koordinasi dengan aparat keamanan dan elemen lainnya agar menjaga suasana Kamtibmas di Kota Medan. "Tidak lupa juga menggerakkan pemerintahan sampai ke tingkat bawah agar menghidupkan kembali Siskamling di setiap lingkungan, guna mempersempit ruang gerak para pelaku begal,"sebut anggota komisi A DPRD Medan ini.

Pemko Medan juga harus mengambil sikap bekerjasama dengan vendor aplikasi angkutan online agar pengusaha online tak hanya memikirkan untung tanpa peduli keselamatan penumpang ataupun supir. (maria)