46 Unit Mobdis DPRD Medan Segera Ditarik

46 Unit Mobdis DPRD Medan Segera Ditarik
MEDAN, POC- Dalam waktu dekat, 46 mobil dinas anggota DPRD Medan berjenis Toyota Inova yang dibeli pada 2016 dan 2017 akan ditarik oleh Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Pemko Medan Irwan Ritonga menyebut bahwa saat ini pihaknya sedang mempersiapkan surat penarikan mobil dinas tersebut.

Peruntukkan puluhan mobil dinas tersebut nantinya diserahkan kepada Wali Kota Medan Dzulmi Eldin. "Terserah Pak Wali, bisa saja menggantikan mobil dinas pimpinan SKPD yang sudah tua," ujar Ikhwan pada wartawan, Senin (25/9/2017).

Irwan lantas mengakui mobil dinas DPRD tak dapat langsung dilelang, lantaran masa penggunaan mobil dinas dibawah lima tahun. "Belum boleh dilelang. Kalau tak salah, sesuai peraturan, mobil dinas atau aset pemko yang diperbolehkan dilelang sudah dipergunakan minimal lima tahun," ucap Ihwan, Senin (25/9/2017).

Penarikan mobil dinas dewan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Dewan. Mobil dinas tersebut diganti dengan tunjangan komunikasi senilai Rp 15 juta. Sementara empat unit mobil dinas pimpinan dewan tidak ditarik.

Menyoal tunjangan transportasi yang akan diberikan sebagai pengganti mobil dinas belum bersifat final, lantaran menunggu evaluasi Gubernur Sumut.

"Ketua DPRD dapat Rp 12 juta, wakil ketua Rp 6 juta dan anggota Rp 15 juta. Ketua dan wakil ketua dapat lebih kecil karena mobil dinas tak ikut ditarik," sambungnya.

Sekadar informasi, Peraturan Daerah (Perda) terkait PP 18 tahun 2017 sudah selesai diparipurnakan pada Agustus 2017. Perda tersebut juga turut mengatur tunjangan lain seperti tunjangan perumahan, tunjangan komunikasi, dan tunjangan lainnya. (maria)