Listrik Padam 6 Jam, "Kehadiran" Kapal Pembangkit Turki Disoal

Listrik Padam 6 Jam, "Kehadiran" Kapal Pembangkit Turki Disoal

MEDAN, POC- Pasca hari raya Idul Fitri berakhir, Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali berulah. Pemadaman listrik kerap terjadi, bahkan hingga 6 jam.


Tak ayal, masyarakat pun mengeluh. Keberadaan Kapal pembangkit listrik Karadeniz Powership Onur Sultan atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) asal Turki yang disewa PT PLN dinilai tak efisien berfungsi, karena kenyataannya listrik di Medan masih byar pet.


Seperti yang terjadi Senin (10/7/2017) di beberapa kawasan Kota Medan. Listrik padam hingga 6 jam lebih. Mulai dari pukul 09.00 wib hingga pukul 15.00 wib. Pemadaman ini terjadi di seputaran Kecamatan Medan Denai dan Kecamatan Medan Kota.


"Parah x PLN ini, gak pernah aman dari pemadaman. Percuma disewa kapal Turki itu, malah makin sering mati lampu,"kesal Jefri, warga di Jalan Pelajar, Kecamatan Medan Kota.


Bagaimana tidak, listrik padam hingga 6 jam lamanya sehingga usaha fotocopinya terganggu.


Keluhan senada juga disampaikan Dame, warga Gang Saudara, Kecamatan Medan Kota. Listrik padam di saat matahari bersinar terik membuat Dame dan keluarganya kepanasan karena tak bisa menggunakan kipas angin.


"Ancur kali ah, bekuah awak dibuat PLN. Dari pagi mati sampai siang gini gak juga hidup listriknya,"kesal ibu satu anak ini.


Pemadaman juga terjadi, Kamis (13/7/2017) dan Jumat dinihari (14/72017) sekira jam 2 pagi di kawasan Marelan dan Belawan. Pemadaman berlangsung hingga beberapa jam.


Menyoal padamnya listrik selama 6 jam lebih itu, Humas PLN Area Medan Amelius Pasaribu hanya singkat menjawab via grup wa. Pihaknya akan menindaklanjuti keluhan masyarakat dan menyampaikan persoalan pemadaman ke rayon masing-masing.


Untuk diketahui, kapal pembangkit Turki berdaya 240 MegaWatt (MW) sudah beroperasi sejak Juni 2017 lalu dan bersandar di Sicanang di Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara.


Kapal Turki ini disewa selama lima tahun untuk mengatasi defisit listrik di Sumatera Utara. Namun kenyataannya, belum sebulan kapal pembangkit Turki beroperasi, listrik di Sumut masih redup. (maria)